Tips Pasang Iklan Di Instagram Untuk Pemula

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang sampai sekarang masih ramai dan banyak dipakai oleh personal maupun pemilik bisnis. Fitur yang dimiliki oleh Instagram sendiri pun banyak. Mulai dari Feed, Stories, Live, IGTV sampai yang terbaru adalah Reels. Media sosial ini pun menawarkan akun personal sampai akun bisnis yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi dengan customer. Salah satu fitur yang cukup berpengaruh dan banyak digunakan adalah fitur iklan. Dimana pemilik bisnis bisa pasang iklan di Instagram. Dengan memasang iklan ini diharapkan omzet menjadi lebih banyak dan mendapatkan keuntungan.

pasang iklan di Instagram

5 Cara Pasang Iklan di Instagram

Media sosial Instagram ini menawarkan beberapa jenis iklan yang bisa dimanfaatkan. Seperti iklan cerita (stories), foto, video, carousel dan koleksi. Untuk prosesnya sendiri pun cukup mudah. Pengiklan diharuskan untuk memiliki akun bisnis Instagram terlebih dahulu. Dari segi biaya untuk iklan sendiri pun terjangkau dan bisa menyesuaikan dengan anggaran yang sudah dipersiapkan.

Nah berikut ini ada beberapa tips untuk memasang iklan di Instagram.

  1. Buat Fanpage di Facebook

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat Fanpage di Facebook. Dengan menggunakan fanpage, Anda tidak hanya bisa beriklan di Facebook saja. Namun juga bisa beriklan di Instagram. Sejak Instagram di akuisisi oleh pihak Facebook. Cara beriklan menjadi semakin luas dan berpotensi keuntungan yang lebih besar. Tidak heran jika banyak pemilik bisnis yang memanfaatkan kedua media sosial ini untuk beriklan.

  1. Memilih Create Ads

Jika Fanpage sudah jadi, selanjutnya bisa mengunjungi Ads Manager Facebook. Kemudian bisa memilih ‘Create Ads’ di bagian kanan atas. Di fitur ini terdapat hal-hal yang harus diisi oleh pengiklan. Mulai dari gambar, konten untuk marketing, pemilihan interest dan masih banyak lainnya.

  1. Pilih Tujuan Beriklan

Ketika Anda mengiklankan suatu produk atau jasa, pastinya memiliki tujuan bukan? Apakah ingin mengenalkan brand, mendapatkan keuntungan atau lainnya. Nah, setelah memilih Create Ads, nantinya disuguhkan 3 kategori tujuan beriklan. Yakni Awareness, Traffic, dan Conversion. Supaya bisa beriklan, Anda harus memilih kategori yang mendukung. Seperti Brand Awareness, Traffic, Reach, Engagement, Video View, App Installs, dan Conversion. Dengan memilih tujuan beriklan, tentunya akan lebih mudah untuk mengiklankan sebuah produk atau jasa.

  1. Menentukan Anggaran, Target Audiens, & Jadwal Iklan

Dalam dunia periklanan, semakin banyak anggaran yang dikeluarkan maka hasil yang didapatkan akan semakin banyak. Namun harus dipertimbangkan dengan baik apakah benar-benar ingin menghabiskan banyak anggaran atau tidak. Terkadang, beriklan juga bisa membuat kita rugi. Sudah banyak mengeluarkan anggaran tetapi hasil yang didapatkan tidak sesuai keinginan. Maka dari itulah, akan lebih baik jika menentukan anggaran secara tepat dan saksama. Selain itu dari segi target audiens pun juga perlu dipertimbangkan. Diantaranya adalah dari segi usia, gender, bahasa, hobi dan masih banyak lainnya. Selanjutnya dari segi jadwal iklan dan berapa lama iklan akan ditayangkan.

  1. Format Iklan

 Jika poin 3 dan 4 sudah terpenuhi, selanjutnya akan diminta memilih format penayangan. Kemudian mengunggah gambar yang diinginkan serta menyertakan konten keterangan gambar. Saat menulis keterangan, terdapat kolom pilihan ‘Instagram Account’. Nah masukkan username dan password. Juga pastikan untuk memilih CTA button dan masukkan URL yang nantinya akan ditampilkan di Instagram Ads. Setelahnya, iklan ditayangkan di Facebook otomatis tampil di Instagram.