Strategi Optimasi Akun Instagram Bisnis untuk Meningkatkan Brand Awareness

Pemakaian social media yang semakin mudah membuat banyak pelaku usaha memanfaatkannya untuk kepentingan promosi. Mulai dari Facebook, TikTok, YouTube, sampai Instagram. Nah salah satu media social yang cukup banyak digunakan untuk promosi jualan adalah Instagram. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Instagram menjadi salah satu alasan mengapa banyak pemilik usaha memanfaatkan sosial media ini. Terlebih lagi Instagram mempunyai ratusan juta pengguna dan setiap harinya puluhan juta foto dibagikan. Selain bisa membagikan foto dan video, kini Instagram sudah dilengkapi dengan fitur toko. Jadi pemilik usaha yang ingin berjualan di Instagram bisa memanfaatkan fitur ini dan sudah bisa berjualan.

Namun untuk memanfaatkan Instagram sebagai pendukung bisnis tentu bukan hal mudah. Anda harus bisa melakukan optimasi dengan baik pada akun Instagram terlebih dahulu. Dibawah ini terdapat beberapa tips optimasi akun Instagram untuk meningkatkan brand awareness.

  1. Mengoptimalkan Username & Bio

Supaya akun Instagram mudah ditemukan, maka username Instagram ada baiknya sama dengan username profil di social media bisnis lainnya. Selain username, munculkan beberapa informasi lain di profil publik dan bio pendek. Pergunakan bio untuk menjelaskan mengenai bisnis apa yang dimiliki.

  1. Menggunakan Profil Photo Instagram yang Menarik

Pada umumnya profile photo Instagram bisnis berupa logo perusahaan. Sama seperti username, pastikan untuk menggunakan profile photo yang sama dengan social media lain. Dengan begitu orang-orang akan menjadi lebih mudah mengenal brand bisnis Anda. Perlu diingat dengan baik, bahwa profile photo Instagram formatnya lingkaran. Oleh sebab itulah pastikan bahwa profile photo bisnis nantinya terlihat baik pada format tersebut. Ukuran diameter 110 pixel disarankan oleh Instagram. Tetapi juga bisa menggunakan gambar lebih besar.

  1. Mengikuti Akun Instagram di Bidang Sama

Sebagai langkah permulaan, maka bisa follow akun Instagram lain. Bisa mengikuti akun Instagram bisnis sejenis atau mencari influencer. Selain itu juga bisa follow akun lain yang tentunya masih relevan dengan bisnis. Untuk demografis Instagram sangat luas, jadi harus memastikan tahu audience yang akan ditargetkan nantinya. Juga jangan lupa untuk meninggalkan komentar dan like di postingan akun Instagram lain. Ini dilakukan agar akun Instagram Anda terlihat hidup.

  1. Mempertahankan Konsistensi Konten

Untuk mendapatkan akun Instagram yang sukses, terdapat satu cara yang harus dipertahankan. Yakni mempertahankan konsistensi publikasi konten. Anda bisa posting foto atau video setidaknya satu kali sehari. Selain itu juga bisa repost atau re-gram foto video dari akun lain yang relevan. Mempertahankan konsistensi postingan konten memang penting. Namun jangan posting konten setiap satu jam sekali, karena hal ini akan menjemukan bagi pengikut akun Instagram.

  1. Menentukan Tujuan Pembuatan Akun

Sama halnya dengan teknik promosi lainnya, menggunakan Instagram sebagai media promosi juga membutuhkan strategi. Anda harus tahu apa yang diharapkan dari menggunakan Instagram for Business. Objektif strategi pemasaran bisa diintegrasikan dengan objektif keseluruhan bisnis. Misalnya meningkatkan penjualan, meningkatkan traffic ke website, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan masih banyak lainnya.

Teknik Promosi Instagram yang Sukses

Memiliki akun Instagram bisnis untuk kebutuhan promosi tentunya membutuhkan teknik-teknik yang tepat supaya bisa menggaet banyak konsumen. Nah, berikut ini terdapat beberapa teknik promosi Instagram yang mendatangkan banyak kesuksesan.

  • Menentukan Tema Konten

Konten pada setiap bisnis itu bisa berbeda-beda. Oleh karena itulah, sebelum membuat konten pastikan untuk membuat tema terlebih dahulu. Ini akan membuat pengikut tidak mudah bosan dengan konten Anda. Dengan konten yang berbeda-beda akan membantu mencapai objektif yang berbeda pula.

  • Memperhatikan Waktu Upload

Harus diketahui terlebih dahulu bahwa Instagram memiliki waktu-waktu tertentu yang bisa meningkatkan engagement sebuah konten. Jadi Anda harus mengetahui terlebih dahulu jam-jam mana saja yang boleh dipakai untuk upload konten ke Instagram. Jika sudah mendapatkan jam-jam tertentu, maka bisa memasukkan ke dalam kalender social media. Hal ini akan membantu Anda untuk kedepannya nanti. Pastikan untuk posting di waktu-waktu tersebut di hari selanjutnya.

  • Menggunakan Gaya Visual Konsisten

Penelitian dari WebDam, sekitar 60% brand terkenal menggunakan filter atau gaya desain visual sama di setiap post. Memakai filter yang sama di setiap postingan membuat Instagram bisnis memiliki style tersendiri dan mudah dikenali pengikut. Salah satu objektif dalam posting konten adalah mendapatkan komentar atau like tentunya. Jika foto semakin mudah dikenali, maka kemungkinan besar pengikut akan meninggalkan komentar dan like pada postingan tersebut.

  • Gunakan Bahasa yang Tepat

Anda harus paham terlebih dahulu audience dari bisnis sendiri. Jika produk atau layanan bisnis Anda lebih menyasar orang dewasa usia 30 tahun ke atas. Maka bisa menggunakan bahasa yang formal namun tetap santai. Tetapi jika audience dan kebanyakan follower adalah anak muda. Bisa mengikuti bahasa gaul yang sedang trend dan tidak terlalu formal, tetapi tetap santai dan enak untuk dibaca. Gunakan istilah yang mudah dipahami sehingga tidak membuat mereka bertanya-tanya apa maksud dari postingan tersebut.

  • Gunakan Fitur Instagram

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Instagram sendiri sangat menarik. Dimana dalam satu postingan bisa memuat foto dan video. Baik video di akhir atau depan. Dengan menggunakan fitur ini maka follower bisa menggeser dan melihat konten secara individual. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk menyampaikan informasi yang tidak muat dalam satu video atau foto. Postingan dengan video dan foto ini tentunya menarik dan lebih berkesan.

  • Jangan Lupa Hastag

Instagram memang mengutamakan visual, tetapi masih ada elemen lain yang membuat brand menjadi lebih terkenal. Yakni menggunakan hastag di setiap caption postingan. Bukan hanya menggunakan hastag nama perusahaan saja, tetapi juga menggunakan hastag lain. Dalam penyematan hastag ini tentunya harus disesuaikan dengan produk atau layanan bisnis yang sedang dirintis. Misalnya Anda memiliki produk skincare, maka hastag yang digunakan harus relevan dengan skrincare. Misalnya #perawatanwajah #skincare #pelembabwajah #toner serta hastag lainnya.

  • Kreatif dalam Membuat Postingan

Untuk hal ini berkaitan dengan poin menentukan tema konten. Anda harus membuat gambar yang menarik dan relevan dengan tema. Sesekali juga bisa menggunakan postingan lucu atau quiz untuk menarik lebih banyak feed ke postingan tersebut. Biasanya saat diberikan positngan quiz, follower akan sedikit tertantang untuk menjawab. Hal ini akan membuat lebih banyak follower tertarik untuk meninggalkan komentar dan like pada postingan tersebut. Selain itu, Anda juga harus bisa berpikir kreatif untuk membuat postingan selanjutnya.

  • Manfaatkan Instagram Story

Pun Anda bisa memanfaatkan Instagram untuk mendapatkan lebih banyak traffic. Instagram story sendiri sudah mengumpulkan lebih dari 250 juta pengguna harian. Fitur ini menjadi salah atu fitur terbaik untuk mengasah kreatifitas serta menciptakan sesuatu yang menarik perhatian follower.

  • Melakukan Kerjasama dengan Influencer

Selain itu Anda juga bisa melakukan kerjasama dengan influencer yang sekiranya cocok dengan merek dan mulai membangun hubungan. Dengan begitu nantinya follower influencer tersebut besar kemungkinan bisa menjadi konversi untuk bisnis Anda.