Faktor Penentu Keberhasilan Iklan Instagram Ads

Sebelum iklan media sosial seperti Facebook & Instagram, Tik Tok Ads, dan Google Ads digemari oleh banyak pebisnis. Dulu banyak pebisnis memanfaatkan media TV, radio dan koran/majalah untuk mengiklankan produk atau jasa. Padahal iklan di media-media tersebut sangatlah mahal. Namun sejak perkembangan zaman yang semakin modern dan canggih. Bukan hal sulit untuk mengatur anggaran saat beriklan. Bahkan saat ini sudah banyak jasa-jasa periklanan yang siap membantu. Misalnya jasa iklan Instagram Ads. Memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan produk/jasa tentunya bisa jauh lebih efektif. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan media sosial. Entah untuk sekadar menghibur diri atau mencari produk.

iklan Instagram Ads

7 Faktor Penentu Berhasilnya Iklan Instagram Ads

Beriklan di media sosial tidak hanya membuat produk dikenal oleh masyarakat luas. Namun juga untuk meningkatkan penjualan. Namun supaya penjualan bisa berhasil dan mendatangkan keuntungan yang maksimal. Tentunya ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Lalu apa saja faktor tersebut? Simak faktor-faktor dan penjelasannya dibawah ini.

  1. Target Market

Di platform media sosial mana pun Anda memasang iklan, tentunya harus memperhatikan dengan baik siapa target marketnya. Karena hanya akan percuma apabila iklan dilihat oleh banyak audience tetapi tidak satu pun menjadi konsumen. Oleh karena itulah, sangat penting bagi Anda untuk memperjelas target market. Mulai dari jenis kelamin, usia, hobi dan masih banyak lainnya. Jadi saat memasang iklan, jangan sekali-kali mengisi dengan data yang asal.

  1. Fokus Masalah Konsumen

Bisnis terbaik adalah bisnis yang bisa menjadi solusi pada masalah konsumen. Untuk itulah, pastikan untuk fokus pada solusi yang bisa ditawarkan kepada konsumen. Solusi tersebut bisa berupa produk yang dijual, added value dari produk dan lainnya. Pastikan untuk mengungkapkan solusi dengan tepat dan tidak bertele-tele.

  1. 1 Iklan 1 Pesan

Dalam membuat iklan yang baik, pastikan untuk menyampaikan dengan gamblang dan lugas. Dimana dalam iklan tersebut hanya terdapat 1 pesan saja. Misalnya Anda ingin menyampaikan pesan berupa promo, maka perbanyak kata yang mengarah pada promo tersebut. Saat iklan fokus pada satu pesan, tentunya iklan tersebut akan menjadi lebih efektif. Karena orang yang membaca iklan akan lebih mudah menangkap pesan tersebut.

  1. Copywriting Tepat

Beriklan di Instagram Ads juga membutuhkan copywriting yang bisa menarik perhatian. Namun, jangan gunakan kalimat yang panjang atau bertele-tele. Karena pastinya orang yang membaca iklan tersebut akan bosan dan malas membaca. Caption iklan yang dibuat harus mampu menarik perhatian audience kurang dari 3 detik. Juga jangan lupa untuk menerapkan CTA.

  1. Visual Menarik

Untuk visual ini bisa berupa gambar atau video. Semakin menarik visual yang disuguhkan oleh iklan. Maka semakin tertarik audience untuk mengetahui iklan tersebut. Harus dipahami terlebih dahulu bahwa banyak orang lebih mudah mengingat visual dibandingkan dengan kata-kata. Nah dari sinilah, Anda harus berpatokan. Anda bisa menggunakan visual dengan ditambahi teks supaya semakin mudah diingat oleh audience.

  1. Anggaran

Banyak yang mengejar engagement lebih, sehingga rela mengeluarkan anggaran iklan jumlah tinggi. Padahal memasang iklan sebenarnya bukan demi jumlah engagement. Oleh karena itulah, Anda sebaik mungkin harus membuat anggaran iklan yang tepat dan tidak terlalu tinggi.

  1. Menggunakan Fitur Interest

Ketika menentukan target market, pastikan untuk mengisi kolom interest. Fitur interest ini membantu Instagram menampilkan iklan pada audience yang mempunyai ketertarikan serupa. Dengan begitu iklan yang dibuat bisa lebih menyasar pada audience yang lebih tepat dan mendatangkan keuntungan.